DARI PARADE FILM PERDANA DI SMK TELADAN KERTASEMAYA

Selasa, 20 Maret 2018
Administrator
59x
Share yuk!

Alhamdulillah, kemarin pada hari Senin, 17 April 2017 gelaran Bioskop 47 yang perdana berjalan dengan lancar... Kelas XII TB yang lebih strategis disulap oleh anak X Multimedia menjadi bioskop. Seluruh anak Multimedia bahu-membahu, dari persiapan... pergelaran berjalan, sampai mengembalikan ruangan seperti sedia kala... Sebuah kerja sama dan usaha keras yang harus dikenang! Inilah cerita sebuah ajang baru di SMK Teladan Kertasemaya dari kompetensi baru yang dibawakan dengan semangat 47!



Sebagian crew panitia dari tiga puluh enam orang panitia yang bahu-membahu!

Bermula darieskul seni yang fokus ke teater... Karena diwajibkan untuk anak multimedia, maka film dan video adalah pilihan yang pas. Maka tak heran sudah belasan film pendek dibuat dalam kurun waktu kurang dari setahun... Maka bioskop yang tidak bisa ditemukan di Indramayu, dan hanya bisa dikunjungi di Cirebon seakan kita pindah berada di tengah-tengah SMK Teladan Kertasemaya. TRING! Dan jadilah bioskop yang sederhana tapi tak kalah seru... Persiapannya jauh-jauh hari tentunya... Dari mencari karya terbaik, menyiapkan baliho, layar, rollbanner, dan lain sebagainya. Malah pada tanggal 28 Maret 2017 tiket sudah terjual habis... Maklum hanya dijual 60 tiket saja.  Sengaja tidak banyak yang dijual juga, karena acara perdana tentu saja adalah acara yang secara garis besar adalah mencoba... Insya Allah, berikutnya bisa lebih banyak lagi kursi yang tersedia. Dan juga tentunya sebagai persiapan untuk acara serupa yang lebih besar lagi sekalanya... Tunggu saja beritanya nanti!  Sabar ya... ????

Para ibu guru dan staf yang memilah-milah pernik yang akan dibeli

Senin pagi itu seperti biasa kegiatan KBM di SMK Teladan Kertasemaya... Tidak ada tanda-tanda adanya sebuah acara lain... Sampai pada bel istirahat berbunyi! Dan disitulah mulai ada pergerakan anak Multimedia yang mulai mengangkut properti dari rumah salah satu gurunya. Pintu lab Multimedia dibuka, dan kursi-kursi mulai dipindah ke tempat acara Bioskop 47... Yang sebelumnya ruangan satu kelas yang strategis, yang sebelumnya dibersihkan dari kursi kayu dan mejanya. Baliho tiga kali dua setengah meter dipasang, begitu pula layar film... Tempat infokus yang beroda bikinan kompetensi TSM, dan beberapa perlengkapan lainnya disiapkan di posisis terbaiknya... Tidak lupa hiasan balon, dan hiasan lainnya biar serasa Bioskop yang beda... Karena mungkin hari itu ada anak Multimedia ada yang ulang tahun mungkin hihihi... Dan pada pukul 12:00 WIB Bioskop 47 sudah siap digelar... Dilengkapi oleh seksi usaha yang menjual pernak-pernik khas desain SMK teladan Kertasemaya berupa beragam pin, gantungan kunci, dan gantungan kacara beragam ukuran,  buku komik Indonesia, minuman, dan lain sebagainya ikut meramaikan gelaran yang diadakan hanya beberapa jam pada hari Senin itu.

Semua ikut mengabadikan momen seru ini!

Pukul 13:30 pun mulai mendekat semua bersiap pada posisinya, penjaga tiket dari seksi stand, seksi usaha menjaga stand jualan yang diketuai Sunani, seksi dokumentasi terus merekam detik-demi detik proses berjalannya acara diketuai Tedja Saputra dengan beberapa kru seperti Faisal Ernoto, Oman, Inah Masrinah, dan lain-lain, hasil rekamannya berupa foto ataupun video. Dan para pemegang tiket mulai mendekat dengan malu-malu... Panitia mulai mengarahkan untuk segera masuk supaya tidak ketinggalan doorprize... Dan sambutan pertama pun diucapkan oleh ibu Khoirun Nisa, S.Si, selaku kepala sekolah yang alhamdulillah bisa hadir, ditemani ibu Uniyawati, S.Pd dan pak Wawan Abriyanto sebagai wakil kepala sekolah, ibu Romlah dari staff TU, dan pak Rosidin, S.PD guru penjas, ibu Nur Aisyah, S.Pd yang menggantikan undangan yang tidak bisa hadir, dan ibu Siti Nurhaeti, S.Pd yang datang menyusul... Film dimulai dengan empat film pendek karya anak X Multimedia Yang dimulai dengan film "Jangan Sisisran Tengah Malam" dengan sutradanya Inah Marsinah yang bergenre horor, dilanjut film "Restu Menjelang Takdir" dengan sutradaranya Mukhit yang bertema drama dan aksi, kemudian film "Awas Galak" yang bertema persahabatan, dan diakhiri film "Kita Komplieta" yang bertema humor dengan sutradaranya Tedja Saputra...


Para pemenang doorprize

Setelah empat film pendek diputar dengan mengundang berbagai rasa... Kaget, ketawa, dan berbagai perasaan lainnya dilanjut dengan acara kuiz! Lima pertanyaan yang berasal dari empat film pendek yang sudah diputar untuk lima pemenang... Akhirnya lima pemenang doorprize pun muncul yaitu empat siswa dan ibu Uniyawati, S.Pd yang mendapat gantungan kunci dan buku komik Indonesia. Sebagai MCnya yaitu Desy Ariani dan Amir Dinilah yang juga ketua dari acara ini. Sementara saya sendiri bertugas menyiapkan film yang diputar... Dan film terakhir pun diputar... Hari tidak terasa semakin sore mungkin karena rasa lelah, dan film yang panjang kadang tidak semua anak remaja bisa fokus akhirnya satu persatu meninggalkan kursinya. Yang kuat sampai akhir selain panitia adalah ibu Siti Nurhaeti, S.Pd dan Neneng dari X TSM 1. Salut dengan kesabaran mereka berdua yang bisa menonton lima film dalam sehari sampai tuntas. Angkat topi dari kami para panitia... Kalau berikutnya kami gelar film lagi... Insya Allah undangan gratis tentunya diutamakan untuk mereka.

Kami sedang merajut teater impian...

Layar pun diturunkan... Proyektor dimatikan... Dan kami pun kembali mengembalikan ruangan secepat mungkin diantara rasa letih tapi gembira berhasil menuntaskan acara dengan baik. Tanpa kendala listrik yang ditakutkan, ataupun kendala teknis lainnya. Keseokan harinya acara pun diulas... Selalu saja ada kekuarangan walau acara terlihat berjalan lancar. Insya Allah, kedepannya pasti bisa lebih baik lagi, minimal belajar dari Bioskop 47 perdana ini. Tunggu saja film-film kami atau aksi kami selanjutnya! Salam semangart 47!

Tulisan Terkait

Komentari Tulisan