Awalnya mendengar ada sebuah pelatihan dari kepala sekolah SMK Teladan Kertasemaya dari himbauan dari KCD, dan tidak menyangka kalau ini adalah pelatihan online. Beberapa kali pelatihan selama ini ya secara offline. Ketika mengisi daftar melalui online, dan dihubungi melalui grup WA, baru menyadari bahwa ini adalah grup online. Cukup membuat penasaran… Maka saya pun mencari tahu melalui internet. SEAMEO ternyata organisasi yang dibentuk oleh seluruh Menteri Pendidikan yang ada dinegara-negara ASEAN yang sudah berdiri sejak tahun 1965, dan sekretariatnya ada di Bangkok, Thailand. Yang sekarang memimpin SEAMEO adalah Menteri Pendidikan Indonesia, yaitu bapak Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P. Ini adalah sebuah pengalaman yang baru bagi saya pribadi. Maka saya pun terus lanjut mengikuti  instruksi dari para mentor di grup...

 

Diawali dengan pembukaan secara online, diberikan tutorial teknik mengerjakan tugas pelatihan secara online, saya pun menikmati prosesnya. Pembukaan secara onlinenya cukup heboh karena pesertanya banyak sekali, kalau tidak salah lebih dari sepuluh ribu orang, maklum pembukaannya diikuti dari peserta dari seluruh Indonesia. Walau menunggu beberapa menit, akhirnya dimulai juga. Dan mulai memahami tujuan dari Virtual Coordinator Batch 3 dari SEAMEO.

 

Hari berikutnya masih diberikan beberapa  presentasi tutorial secara online melalui webinar yang berkaitan dengan tugas dari instruktur dari berbagai wilayah… Dan tugas pun akhirnya sudah mulai diberikan. Dari mulai mengisi jadwal tugas samapai mengisi kantung tugas. Mencoba menjadi presenter, host,  dan moderator selaian bekal dari presentasi instruktur, juga diberikan beberapa file pendukung untuk mempermudah tugas misal tugas menjadi moderator, host, maupun presenter itu apa saja supaya tidak bertabrakan dan memudahkan dalam menyelenggarakan presntasi dan pertemuan. Sangat membantu sekali. Yang penting siapkan laptop, komputer atau handphone, headset, dan tentunya sinyal. Karena akan berjuang dengan sinyal yang cukup untuk menghadiri pertemuan secara online. Tapi tetap rilex, karena kita tetap berada di rumah, sekolah, atau lingkungan sendiri. Persiapkan saja dengan baik materi dan peralatannya, insya Allah, lancar.

 

Yang paling seru adalah bertemu dengan para guru dari berbagai kota di wilayah Jawa Barat karena saya tergabung di grup Virtual Coordinator 65. Dan ilmunya tidak terbatas ilmu dari guru SMK seperti saya, bisa dari SMA, SMP, SD, dan sebagainya. Antar anggota pun saling bekerja sama, minimal antara modertor, host, dan presenter terutama dalam hal mendikokumentasikan konferensi secara online, juga membuat presensi.

 

Setiap hari bisa sampai delapan presenter yang tampil dengan berbagai tema sesuai dengan yang dikuasainya. Bisa jadi ada enam belas presentasi, karena di VCT 65 ada dua room dengan jadwal yang sama. Banyak hal yang bisa didiapat, ya walaupun tidak semuanya bisa diikuti karena kesibukan tugas di sekolah masing-masing, dan banyak tema yang menarik bagi saya pribadi, maka semangat untuk mendengarkan presentasinya. Banyak pilihan tema atau ilmu, tinggal disesuaikan dengan jadwal kesibukan masing-masing preserta. Dan yang hadir tentunya diabsen dengan presensi yang digital juga. Semua bakal bisa membuat presensi sendiri.

 

Selain bermanfaat dalam hal teknik mengajar di sekolah, malah beberapa  presentasi langsung bermanfaat bagi usaha yang saya punya. Karena saya punya usaha jasa ngeprint atau cetak, presentasi print secara online, dan cara membuang background secara online bisa mempercepat pekerjaan croping cetak pas foto, ilmunya ya saya dapatkan dari Virtual Coordintaor SEAMEO di batch 3. Saya membayangkan kalau MGMP sering membuat kegiatan virtual coordinator. Karena untuk berkumpul secara offline tentunya lebih susah. Yang pasti setelah selesai mengerjakan tugas pelatihan online maka akan mendapatkan sertifikat dari SEAMEO yang bisa dicek validasinya secara online.

 

Sayangnya, ketika ada Saresehan Pendidikan Menuju Jabar Juara Di Era Industri 4.0 secara tatap muka yang tidak bisa menghadiri karena kesibukan pada bulan April 2019 untuk semua SMK yaitu kegiatan UJIKOM / SERKOM. Tapi ketika diundang menjadi seorang instruktur VC Batch 4, wah dengan semangat saya menyatakan kesiapan. Siap, menjaga langit dengan pendidikan yang lebih baik.